A. MENGAPA DAN APA ITU IMK
Interaksi
manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi,
dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta
studi fenomena – fenomena besar yang terkait dengannya. Fokus IMK adalah
perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). User interface
adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan
komputer.
Desain
pada imk :
Desain
grafis dalam pandangan Ilmu Komunikasi adalah metode menyampaikan pesan visual
berwujud teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Dalam mendesain
surat kabar misalnya, desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebisaaan
sang pembaca media agar dengan mudah mendesain tata letak dan visual yang
cocok. Ini dengan motif agar pesan yang hendak disampaikan oleh media tersebut
diterima dan sampai pada pembaca.
Prinsip – Prinsip Desain :
Prinsip – Prinsip Desain :
Prinsip-prinsip
desain membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Ada empat
prinsip desain: keseimbangan, penekanan, irama, dan kesatuan. Prinsip-prinsip
desain membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata
letak yang baik.
Keseimbangan
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.
Irama
Keseimbangan
Setiap elemen pada susunan visual berat yang telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai unsur balancing.
Irama
Rhythm
/ Irama adalah pola berulang yang dibuat oleh unsur – unsur yang berbeda – beda.
Pengulangan (mengulangi unsur serupa dalam cara yang konsisten) dan variasi
(perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen)adalah kunci untuk visual
ritme. Menempatkan elemen dalam sebuah layout secara berkala membuat halus, dan
bahkan ritme yang tenang, santai moods.Sudden perubahan pada ukuran dan jarak
antara unsur membuat cepat, ritme sebuah kehidupan dan suasana dalam hati yang sangat
menyenangkan.
Penekanan
Penekanan
-
Penekanan yang berdiri
atau mendapat perhatian pertama.
-
Tata letak setiap
kebutuhan yang penting untuk menarik para pembaca mata ke bagian penting dari
tata letak.
-
Terlalu banyak fokus
poin kekalahan tujuan.
-
Umumnya, yang penting
dibuat ketika salah satu unsur yang berbeda dari yang lainnya.
Kesatuan
Kesatuan
membantu semua elemen seperti milik mereka bersama. Pembaca harus visual clues
untuk memberitahu mereka tahu potong merupakan salah satu unit – teks,
headline, foto, gambar, dan keterangan semua pergi secara bersama – sama dengan
yang lain.
Menyatukan elemen elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti milik mereka bersama. Ulangi warna, bentuk, dan tekstur. Gunakan kotak (dengan struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan proporsi.
Teknik dialog pengisian borang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisia borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat perbedaan antara menu dan borang. Menurut Perlman menu adalah dialog yang menampilkan sejumlah alternatif pilihan yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna dengan cara tertentu pada setiap daur aktifitas. Menurut Perlman pula, borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah opsion dan berbagai nilai para meter yang telahditentukan dan dintegrasiakn ke dalam sebuah tampilan pada layar.
Menyatukan elemen elemen oleh kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka terlihat seperti milik mereka bersama. Ulangi warna, bentuk, dan tekstur. Gunakan kotak (dengan struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak, dan proporsi.
Teknik dialog pengisian borang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisia borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Perlman membuat perbedaan antara menu dan borang. Menurut Perlman menu adalah dialog yang menampilkan sejumlah alternatif pilihan yang pilihan-pilihan itu dapat dipilih pengguna dengan cara tertentu pada setiap daur aktifitas. Menurut Perlman pula, borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah opsion dan berbagai nilai para meter yang telahditentukan dan dintegrasiakn ke dalam sebuah tampilan pada layar.
Pengetahuan yang
berkorelasi dengan IMK :
1. Ilmu
psikologi
> Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive keterampilan penyelesaian masalah
> Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive keterampilan penyelesaian masalah
2. Ergonomi
> Kemampuan fisik pengguna
> Kemampuan fisik pengguna
3. sosiologi
konteks dari interaksi
konteks dari interaksi
4. Ilmu
dan rekayasa/teknik komputer
> Mampu untuk membangun teknologi
bisnis
> Mampu untuk memasarkannya
desain Grapik
> persentasi antar muka yang efektif
Penulisan ilmiah
> menghasilkan (buku) manual
> Mampu untuk membangun teknologi
bisnis
> Mampu untuk memasarkannya
desain Grapik
> persentasi antar muka yang efektif
Penulisan ilmiah
> menghasilkan (buku) manual
B. SIAPA YANG TERLIBAT
DALAM IMK
IMK merupakan subyek multi disiplin
yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer system interaktif yang ideal
harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti :
1.
Psikologi ilmu kognitif yang
memberikan dasar pengehtahuan mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan
memecahkan masalah.
2.
Ergonomi yang memberikan dasar
pengehtahuan mengenai kemampuan/ karakteristik fisik user.
3.
Sosiologi yang membantu pemahaman
mengenai konsep interaksi secara luas.
4.
Ilmu komputer dan tehnik rekayasa
untuk membangun teknologi yang di butuhkan.
5.
Bisnis yang memberikan pengetahuan
agar mampu memasarkan hasil.
6.
Desain grafis agar mampu untuk
menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
7.
Technical writing agar mampu membuat
manual.
C. KONSEP DASAR IMK
Ada
tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
ü Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk
fisik dari mesin.
ü Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan
yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
ü Bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering
diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa
aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
ü Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah
antarmuka.
ü Metode implementasi antarmuka.
ü Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
ü Pengembangan antarmuka baru.
ü Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah
antarmuka baru.
1 komentar:
Rekomendasi file terkait --> Mengenal Interaksi Manusia dan Komputer PDF
Posting Komentar